Home » , » BUAT KITA YANG 'GHAFILUN'

BUAT KITA YANG 'GHAFILUN'

Written By mouzlim on Senin, 22 Juli 2013 | 00.29




Judul di atas terasa aneh di telinga. Tetapi sebagai sebuah renungan, biar sedikit pahit, mudah-mudahan menjadi obat buat kita yang mengidap penyakit ini. 'Ghofilun' adalah terminilogi qur'ani yang ditujukan kepada orang yang kehilangan daya untuk merespon secara cepat instruksi dan anjuran untuk melakukan kebaikan.
Pengidap penyakit ini digambarkan oleh Allah dalam Surat Yasin ayat 6-10  sebagai orang yang badannya terikat dengan posisi tangan di dagu, wajahnya mendongak ke atas, matanya tertutup, dan mereka di kelilingi oleh tembok. Lalu, dari balik tembok tersebut ada orang yang memanggil namanya untuk mengajaknya melakukan kebaikan. Apa yang Anda bayangkan dengan orang yang keadaannya seperti itu ? Mampukah dia memenuhi panggilan orang yang menyebut namanya ? Anda pasti akan menjawab tidak...!!! Bagaimana mungkin orang yang keadaannya seperti itu mampu berbuat sesuatu. Orang tersebut mengidap penyakit komplikasi akut. Badan dan tangannya lumpuh, tidak dapat bergerak; semua perangkat kepala, baik mata, telinga, mulut, otak tidak berfungsi, dan dalam keadaan seperti itu dia berada di balik tembok yang sulit untuk didobrak.
Di dalam kehidupan sehari-hari, kita menyaksikan diri kita atau orang di sekitar kita mengalami beberapa ciri-ciri 'ghafil' ini. Ketika suara azan dzuhur berkumandang pukul 12.07 umpamanya, ada orang yang tidak punya kekuatan untuk segera merespon panggilan tersebut. Geraknya sangat lamban, bahkan baru direspon satu jam bahkan  dua jam  setelah panggilan, bahkan ada sebagian orang yang tidak berdaya memenuhi panggilan ini. Ada orang yang mampu membaca koran sampai 1 jam dan melahap bagian-bagian terpenting dari berita yang ada. Tetapi ketika berhadapan dengan al Qur'an, seolah-olah mata langsung lemas, semangat langsung layu, dan akhirnya al Qur'an terpaksa ditutup. Di lapangan dakwah, ada orang yang sanggup melakukan pembinaan masyarakat, memberikan penyuluhan, dan sabar hidup bersama mereka. Tetapi ada lagi orang yang tidak sanggup keluar dari radius rumahnya atau ruangan di bilik kantornya. Mereka kelihatan asyik dengan istri, anak, dan harta, atau pekerjaan kantornya.
Sebenarnya, apa yang membuat kita berbeda dalam merespon perintah Allah ?
1.      Kita tidak mengkonsumsi makanan yang bergizi, makanan kita dari koran, majalah, buku-buku manusia...
سنن الدارمي    [ جزء 2 -  صفحة 521
أخبرنا عبد الله بن خالد بن حازم ثنا محمد بن سلمة ثنا أبو سنان عن أبي إسحاق عن أبي الأحوص عن عبد الله قال : ان هذا القرآن مأدبة الله فخذوا منه ما استطعتم فإني لا أعلم شيئا أصغر من بيت ليس فيه من كتاب الله شيء وان القلب الذي ليس فيه من كتاب الله شيء خرب كخراب البيت الذي لا ساكن له

قال حسين سليم أسد : رجاله ثقات غير أن أبا سنان سعيد بن سنان متأخر السماع من أبي إسحاق وهو موقوف على ابن مسعود
2.      Gizi buruk menyebabkan munculnya berbagai penyakit
3.      Kita tidak rajin mengakses kekuatan matahari hidayah yang menyinari kehidupan.
4.      Kita tidak mengairinya dengan air syaraiat.
Sebelum melangkah jauh, mari kita menyimak beberapa terjemah ayat  al-Qur'an berikut : "  1.  Yaa siin[1263]
2.  Demi Al Quran yang penuh hikmah,
3.  Sesungguhnya kamu salah seorang dari rasul-rasul,
4.  (yang berada) diatas jalan yang lurus,
5.  (sebagai wahyu) yang diturunkan oleh yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang,
6.  Agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang bapak-bapak mereka belum pernah diberi peringatan, Karena itu mereka lalai.
7.  Sesungguhnya Telah pasti berlaku perkataan (ketentuan Allah) terhadap kebanyakan mereka, kerena mereka tidak beriman.
8.  Sesungguhnya kami Telah memasang belenggu dileher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, Maka Karena itu mereka tertengadah.
9.  Dan kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat Melihat.
10.  Sama saja bagi mereka apakah kamu memberi peringatan kepada mereka ataukah kamu tidak memberi peringatan kepada mereka, mereka tidak akan beriman.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Living Qur'an Sunnah Institute - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger