Home » » Kajian hadits : Seorang Mukmin di Ibaratkan seperti Pohon Kurma

Kajian hadits : Seorang Mukmin di Ibaratkan seperti Pohon Kurma

Written By mouzlim on Selasa, 23 April 2013 | 00.56

Kajian hadits : 
Seorang Mukmin di Ibaratkan seperti Pohon Kurma (Bagian 1)


“perumpamaan sorang mukmin adalah seperti sebatang pohon kurma. Apa pun yang kamu ambil darinya akan memberikan manfaat kepadamu ( HR At Thabrani dari Ibnu Umar ra.)
Rasulullah mengibaratkan seorang mukmin,dalam hal kemanfaatan,menyerupai sebatang kurma. Apapun yang dihasilkan pohon kurma, dari buah,batang,daun hingga akar dan bijinya bisa di manfaatkan oleh manusia. Begitu juga seorang mukmin, semua ucapan,diam,gerak,sikap dan penampilannya bisa bermanfaat bagi orang lain.
Beberapa hikmah tarbawi yang bisa kita petik dari sabda Rasulullah saw diatas sbb

1.       Manfaat Metode Perumpamaan Dalam Pendidikan
Rasulullah menggunakan metode perumpamaan untuk menjelaskan sifat seorang mukmin yang penuh manfaat bagi orang lain. Penggunaan metode perumpamaan ini memiliki nilai nilai tarbawiyah yang sangat penting di antaranya adalah :
a.       Perumpamaan ini akan memberikan ilustrasi yang kuat kepada pendengar
b.      Memotivasi pendengar untuk bersedia menerima ide yang dikemukakan secara meyakinkan melalui perumpamaan,atau minimal bersedia melihat esensi tertentu dengan perantaraan ilustrasi yang menyerupainya.
c.       Menginformasikan segi –segi positif untuk menarik minat,atau sebaliknya menginformasikan segi-segi negatif agar hal itu dijauhi dan dibenci (tujuan promotif dan provokatif)
d.      Perumpamaan ini juga berfungsi sebagai pujian atau cercaan yang tidak secara langsung tetapi seringkali lebih efektif
e.      Perumpamaan ini bisa menggugah minat pendengar. Ketika minat telah tergugah, dengan dorongan dari diri sendiri, seseorang akan mengarahkan dirinya pada hal yang diminati tersebut. Perumpamaan ini juga bisa menggugah perasaan takut pada diri pendengar sehingga ia akan mendorong dirinya untuk menjauhkan diri dari hal yang ditakutinya itu.
f.        Perumpamaan ini bisa mempertajam nalar dan mendinamiskan potensi berpikir atau meningkatkan kecerdasan agar termotivasi untuk memikirkan,merenungkan,serta memahami segala hal yang diinginkan

2.       Sisi-Sisi  Persamaan Antara Seorang Mukmin Dengan Sebatang Pohon Kurma Dalam Hal Kemanfaatan

Kami akan menyebutkan sisi kemanfaatan pohon kurma terlebih dahulu,kemudian menjelaskan sisi-sisi kemanfaatan pada diri seorang mukmin.

a.       Buah kurma
Paling bermanfaat di antara buah-buahan lainnya di seluruh dunia. Bisa dimakan sebagai buah dan bisa dicampur dengan obatan dan sirup. Satu kilogram kurma yang kualitasnya baik akan memberi tiga ribu satuan kalori kepada manusia. Sebanding dengan tenaga yang dibutuhkan untuk aktifitas spanjang hari. Buah kurma mengandung vitamin A yang baik untuk pertumbuhan serta berfungsi  untuk mencegah penyakit mata dan kulit. Juga vitamin  B1 dan B2 yang sangat penting untuk melindungi jaringan syaraf.
Beberapa analis ilmu tumbuhan dan makanan mengadakan eksperimen tentang itu. Mereka memberi makan sejumlah tikus dengan gula saja untuk beberapa saat  dan memberi makan sejumlah tikus yang lainnya dengan kurma kering. Setelah diberi makan kurma secara rutin, dalam waktu yang cukup lama, pada kelompok pertama tampak indikasi-indikasi kekurangan vitamin. Sedangkan pada kelompok kedua tidak tampak sekali tanda tanda sakit. Dari sini, kita bisa mengerti mengapa orang-orang Badui kadang menjadikan kurma sebagai  makanan pokok untuk waktu yang cukup lama. Kurma mengandung zat yang berperan membangun tubuh manusia, menguatkan otot-otot dan memperbarui darah. Telah terbukti bahwa setiap seratus gram yang sudah dibuang bijinya mengandung :
-          40 mg fosfor, padahal buah-buahan yang lain seperti anggur,mangga,alpokat, dan lain-lain, dalam seratus gramnya mengandung 30mg dan seringkali kurang dari itu.
-          1,1 mg kalsium. Ini adalah persentase yang besar sekali jika dibandingkan dengan kadar yang dikandung buah-buahan yang lain.
-          4,5 mg zat besi. Ini adalah persentase besar yang tidak terdapat pada buah-buahan yang lain.
-          63 mg magnesium padahal dalam seratus gram buah berangan terdapat tidak lebih dari 10mg
Sebuah majalah kedokteran menegaskan bahwa dengan banyak memakan buah kurma, seorang badui dapat menghindari penyakit TBC. Disamping itu, kurma juga sarat dengan zat-zat gula seperti glukosa (gula anggur), sakrosa(gula tebu), lipolosa( gula buah-buahan). Secara umum, kurma merupakan sarapan bagi tubuh, penyegar limpa, juga termasuk buah penambah selera makan.

b.      Batangnya
Bisa digunakan sebagai tiang rumah dan juga bisa dipotong potong untuk keperluan lain.
c.       Daunnya
Bisa dibuat keranjang atau berbagai macam bejana dan tikar.
d.      Serabut dan seratnya
Biasa digunakan oleh pemburu untuk membuat jaring perangkap; dan serabutnya digunakan orang sebagai bahan pengawet barang yang disimpan.
e.      Bijinya
Biji yang sudah dipisahkan dari buah bisa ditanam atau untuk makanan ternak.
f.        Jantung pohon kurma
Bisa dimakan, warnanya putih,lembek dan enak rasanya,serta menyehatkan.
g.       Masa produktifnya
Manfaat pohon kurma tidak pernah berhenti secara total. Apabila salah satu manfaatnya berhenti, masih banyak manfaat lain, bahkan meskipun berhenti selama setahun, manusia masih bisa memanfaatkan pelepah, serat dan daunnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Living Qur'an Sunnah Institute - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger