Home » » Memperpanjang Umur Dengan Amalan-amalan Yang Memiliki Pahala Berlipat Ganda

Memperpanjang Umur Dengan Amalan-amalan Yang Memiliki Pahala Berlipat Ganda

Written By mouzlim on Rabu, 10 April 2013 | 20.37





Ada banyak cara atau trik untuk memperpanjang umur secara tidak langsung. Sang peniti jalan  tersebut akan memperoleh banyak kebaikan dalam rentang waktu sesingkat mungkin, agar orang yang mencermatinya dapat melihat umur produktif lebih memiliki keunggulan daripada usia hidupnya secara keseluruhan. Namun ini hanya bisa diperoleh dengan amalan amalan yang mempunyai pahala berlipat ganda. Inilah makna yang dimaksud oleh Imam Nawawi ketika menafsirkan pengertian panjang umur dengan keberkahan, yakni melakukan amalan yang tidak dilakukan oleh orang lain dalam waktu yang singkat kecuali pada waktu senggang.

Sebelum membahas tentang amalan-amalan yang mempunyai pahala berlipat ganda secara menyeluruh, mari kita ambil contoh realita hidup saat ini yang membeberkan keberkahan amalan-amalan yang memiliki nilai pahala berlipat dan sejauh mana keterkaitannya secara tidak langsung dengan judul ini ?
Contoh : dua orang TKI yang datang ke Malaysia untuk bekerja dengan gaji masing-masing 6 juta perbulan.  Kemudian  salah satu dari mereka memutuskan untuk pindah kerja ke perusahaan lain yang bersedia menggajinya 10 juta perbulan. Pada masa akhir kontrak yang berlaku selama dua tahun, ke duanya pun pulang ke Indonesia.  Pekerja pertama mengatakan selama  dua tahun di Malaysia berhasil mengumpulkan 144 juta rupiah. Pekerja kedua lalu menceritkan bahwa ia berhasil mengumpulkan 240 juta rupiah. Pekerja pertama pun tersentak kaget mendengar penuturan temannya itu. Orang orang lalu bertanya “apakah kamu bekerja empat tahun disana ? ia menjawab, “tidak, tetapi aku mencari pekerjaan lain yang memberikan gaji lebih besar !!
Coba perhatikan, meskipun kedua pekerja ini sama sama menghabiskan waktu dua tahun, namun pekerja yang kedua memperoleh peghasilan yang jauh lebih besar dari yang lain.

Muncul pertanyaan, “ mana mungkin aku memperoleh pahala amalan yang pelaksanaannya memerlukan waktu yang lebih banyak dari batas umurku? Bagaimana caranya memanfaatkan umur selama –misalnya- 60 tahun agar nampak seolah-olah umur kita telah mencapai 1000 tahun atau lebih dari itu ??

Itu mungkin tercapai jika kita melakukan dua hal berikut : 

11.  Berupaya melakukan amalan-amalan yang mempuyai pahala berlipat ganda
22.   Berupaya melakukan amalan-amalan yang pahalanya mengalir meskipun ajal telah merenggut

Rasulullah SAW telah memberikan petunjuk tentang amalan-amalan yang memiliki pahala berlipat ganda. Beliau juga menceritakan tentang jumlah lipatan pahalanya dibanding amalan shalih lainnya. Perlu di ketahui, Allah SWT akan melipatgadakan kebaikan hingga sepuluh kali lipat, tujuh ratus kali lipat dan bahkan lebih dari itu. Hal itu semua berkat karunia Allah SWT dan beberapa pertimbangan, sesuai kadar keikhlasan seorang hamba.

Amalan yang pernah diajarkan Nabi SAW kepada umatnya, agar dapat menjadi pedoman, ada sembilan bagian yaitu :
   1. Sholat
       a. Memperbanyak mengerjakan sholat di dua tanah suci
       b. Memelihara sholat berjamaah di masjid
       c. Melaksanakan sholat sunah di rumah
       d. Menghiasi diri dengan adab hari jum'at
       e. Sholat Dhuha 
   2. Haji da Umroh
   3. Menjadi muadzin atau mejawab adzan
   4. Menghidupkan malam lailatul qadar
   5. Jihad
   6. Beramal pada hari kesepuluh Dzulhijjah
   7. Membaca al qur’an
   8. Dzikir yang berpahala ganda
   9. Membantu orang lain

Masing masing point diatas akan kami jelaskan dalam tulisan-tulisan berikutnya. 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Living Qur'an Sunnah Institute - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger